My Diary.
to Share my Life Events

Procedure and Function (PASCAL)



Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah akhirnya sampai pada materi terakhir di semester awal ini. PROCEDURE and FUNCTION, dalam pembahasan kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang procedure and function. Procedure dan Function adalah suatu program terpisah dalam blok sendiri yang berfungsi sebagai sub-program (modul program) yang merupakan sebuah program kecil untuk memproses sebagian dari pekerjaan program utama.
·         PROCEDURE
          Kata procedure sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Seorang mahasiswa pada setiap awal semester selalu melakukan pendaftaran ulang (registrasi). Langkah-langkah pendaftaran ulang lazim dinyatakan dalam sebuah procedure yang dinamakan procedure daftar ulang. Secara sederhana procedure daftar ulang dituliskan sebagai berikut :
Procedure Daftar Ulang
1.     Ambil Form Rencana Studi (FRS) di kantor Tata Usaha Akademik dengan memperlihatkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Studi Mahasiswa (KSM)
2.    Lakukan pembayaran SPP di loker pembayaran dan minta kwitansinya
3.    Isi KRS dengan mata kuliah – mata kuliah yang akan diambil di semester ini
4.    Lakukan perwalian untuk mengesahkan KRS oleh Wali Akademik
5.    Jika SPP sudah lunas, maka serahkan KRS yang sudah disahkan oleh Wali Akademik ke petugas di Kantor Tata Usaha Akademik. Jika SPP belum lunas, kembali ke langkah 2
6.    Serahkan foto ukuran 2 x 3 untuk KTM yang baru, untuk kemudian dicap oleh petugas
7.    Selesai
Ketika sebuah procedure dieksekusi, maka instruksi-instruksi di dalamnya dikerjakan satu per satu. Pada contoh regristasi mahasiswa, mahasiswalah yang mengeksekusi procedure daftar ulang. Mahasiswa membaca setiap langkah di dalam procedure, lalu melaksanakan instruksi yang tertulis pada setiap langkah. Efek dari pelaksanaan procedure dapat diamati sebelum dan sesudah procedure dijalankan oleh mahasiswa.
Pendefinisian PROCEDURE
Sebagaimana halnya sebuah program, suatu procedure juga memiliki header dan block.
Perbedaan bentuknya dengan program hanyalah pada bagian header-nya saja. Bentuk Umum header suatu procedure adalah :

PROCEDURE nama;
Atau

PROCEDURE nama (formal parameter : jenis);


Jika kita menggunakan procedure dalam suatu program, maka procedure tersebut harus dituliskan pada bagian deklarasi.
Cntoh Soal :
Hitunglah menggunakan pilihan Luas Persegi Panjang dan Luas Segitiga menggunakan procedure.
Kode Program :
var
   pil:integer;
   panjang,lebar:integer;
   procedure luas_persegi_panjang;
   var
      x,y,hasil:integer;
begin
     write(' Masukan Panjang      : ');readln(x);
     write(' Masukan Lebar        : ');readln(y);
     hasil:=x*y;
     writeln(' Luas Persegi Panjang  : ',hasil);
end;
procedure luas_segitiga;
var
   alas,tinggi,hasil:real;
begin
     write(' Masukan Alas         : ');readln(alas);
     write(' Masukan Tinggi       : ');readln(tinggi);
     hasil:=(alas*tinggi)/2;
     writeln(' Luas Segitiga         : ',hasil:0:2);
end;
procedure judul;
begin
     writeln('----------------------------------------------------------------------------');
     writeln('|                            CONTOH PROCEDURE                              |');
     writeln('----------------------------------------------------------------------------');
end;
begin
     writeln('1. Luas Persegi Panjang        ');
     writeln('2. Luas Segitiga               ');
     write(' Masukan Pilihan : ');
     readln(pil);
     if (pil=1) then
      begin
        luas_persegi_panjang;
      end
     else if (pil=2) then
      begin
        luas_segitiga;
      end;
     readln;
end.
Hasilnya :
 
·         FUNCTION
Seperti halnya procedure, function juga merupakan upa-program yang mempunyai tujuan spesifik. Function/fungsi adalah upa-program yang memberikan/mengembalikan (return) sebuah nilai dari tipe tertentu (tipe dasar atau tipe bentukan). Definisi function di dalam matematika, kita mengenal cara penulisan fungsi seperti pada contoh berikut :
1.     Ć’(x) = 2x2  + 5x – 8
2.     H(x,y) = 3x – y + xy
Pada keuda contoh diatas, Ć’ dan H adalah nama fungsi, sedangkan x dan y adalah parameter fungsi yang bersangkutan. Nilai yang diberikan oleh fungsi bergantung pada masukan parameter. sebagai misal :
1.     x = 2, maka Ć’(2) = 2 . 22 + 5 . 2 – 8 = 10
2.    x = 1, y = 2, maka H(1,2) = 3 . 1 – 2 + 1 . 2 = 3
Nilai 10 dan 3 pada kedua contoh di atas adalah nilai yang diberikan (return value) oleh masing-masing fungsi Ć’ dan fungsi H
Pendefinisian FUNCTION
Sebagaimana halnya pada procedure, struktur fungsi sama dengan struktur algoritma yang sudah anda kenal: ada bagian header yang berisi nama fungsi (beserta parameter masukan, jika ada) dan spesifikasi tentang fungsi tersebut, bagian deklarasi, dan bagian fungsi.
Blok pada fungsi hampir sama dengan blok pada prosedur, hanya pada function harus dideklarasikan dengan tipe dari function tersebut yang merupakan tipe hasil dari function itu sendiri. Sehingga dikatakan function dapat mengembalikan nilai. Perbedaan fungsi dengan prosedur adalah:
• Pada fungsi, nilai yang dikirimkan balik terdapat pada nama fungsinya(kalau pada prosedur parameter yang dikirimkan secara acuan).
• Karena nilai balik berada di nama fungsi tersebut, maka fungsi tersebut dapat langsung digunakan untuk dicetak hasilnya. Atau nilai fungsi tersebut dapat juga langsung dipindahkan ke pengenal variabel yang lainnya.
• Pada prosedur, nama prosedur tidak dapat digunakan langsung, yang dapat langsung digunakan adalah parameternya yang mengandung nilai balik.
Contoh Program pada Function :
Uses crt;
Function faktor(bilangan :integer) : real;
Begin
If bilangan = 0 then faktor := 1
Else
Faktor := faktor(bilangan-1)*bilangan;
End;
Var
n : integer;
begin
clrscr;
write(' Berapa Faktorial Dari = '); readln(n);
writeln(n,' faktorial = ', faktor(n):9:0);
readln;
end.
Hasilnya :
 
Terimakasih Atas Kunjungan Anda di Blog Saya, Semoga Bermanfaat dan dapat membantu anda apabila mendapatkan kesulitan dalam memahami procedure and function :-)

Sumber :

1.     Algoritma & Pemrograman dalam bahasa PASCAL dan C edisi Revisi : Rinaldi Munir

Adi Nurachman Adi Nurachman Author

SCIENCE & TECHNOLOGY

Games & Multimedia

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Subscribe Here

Recent

Flickr

Blogger templates

Comments

Blogger templates

About

Social Media

Popular Posts

Popular Posts